Selasa, 08 Mei 2012

Visual Basic 6.0 Untuk Pemula

Microsoft VBE 6.0 merupakan bahasa pemograman yang dapat berkolborasi pada lingkungan Microsoft Window. Program ini dapat diberdayakan secara optimal serta teraplikasi berbasis Windows.
Progam Visual Basic sangat praktis digunakan, untuk dapat memulai menjalankannya ikuti mekanisme langkah sebagai berikut :
1. Klik Start pilih allprogram dan arahkan pada shotcut Microsoft Visual Basic 6.0 dan atau apabila sudah create new shootcut dapat dijalankan melalui tombol jendela window pada tampilan depan.
2. Klik Microsoft Visual Basic 6.0 sehingga nampak gambar seperti dibawah ini :

 Note : Pilik / Klik Menu Standar untuk memulai menjalankan Program



Note : Tampilan dasar Microsoft Visual Basic 6.0


Simak dan cermati dari gambar diatas, pada gambar tersebut tampak sebuah Title Bar, menu Bar, Tool Bar Project, Properties, UA merupakan bagian dari komponen - komponen Visual basic 6.0.

a. Form merupakan sebuah object kerja guna membuat bidang dan atupun aplikasi
b. Project juga merupakan program aplikasi itu sendiri, untuk menyimpan project extensinya .VBP ( Visual Basic Project ) file ektensi .VBP menyimpan keseluruhan Komponen project yang digarap baik itu form 1, form2, Datarecord1, enviroment , modul ect.

c. ToolBoox , merupakan elemen dari sebuah wadah perintah-perintah untuk menjalankan  sebuah program. sebuah contoh gambar diatas : Pointer ,PictureBox,  label, textbox, commandButton, frame ect bisa di cek dengan menyorot icon icon terbut.

d. Properties adalah untuk menentukan seting sebuah object , pada project terdapat beberapa properti yang
diatur melaluli jendela properties atau memalui kode program, pada setting menunjukan seperti apa cara program dijalankan ambil suatu contoh merubag properti form login, menu utama, menempatkan icon dan lain sebagainya.

e. Kode program,  adalah merupakan serangkain rumusan coding perintah yang akan dilakukan jika suatu aplikasi/object dijalankan.
Contoh Kode program :
Private Sub Command1_Click ()
Label1.Caption = "Selamat Pagi"
Label2.Caption = "Negeriku NKRI"
End Sub

d. Event, Event merupakan kejadian yang diterima suatu object misal option drop down/klik drag maka event yang diterima akan menjalankan kode program yang ada didalamnya.
Contoh :
Private Sub Command1_click()
Baris tersebut menunjukan penggunaan event click pada object Command1 yang bahwa artinya jika klik object Command1 maka baris kode program dibawahnya bekerja/dijalankan

e. Metod adalah sebuah perintah yang hampir sama dengan prosedur fungsi  akan tetapi sudah tersedia pada object suatu metod dapat dipanggil  dengan menyebut object tertentu. metod dapat diketahui saat program di run / dijalankan.

f. Modul, letak modul sejajar dengan form akan tetapi mengandung object dan form pada bentuk setandard modul berisi kode program dan atau prosedur yang dapat digunakan dalam program aplikasi, untuk menciptakan modul klik kana pada project pilih addModul dan selanjutnya coding dapat diisikan pada modul tersebut.

Tidak ada komentar: